Secara definisi buku teks adalah sarana belajar
yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu
program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Buku teks adalah rekaman pikiran
rasional yang disusun untuk maksud-maksud dan tujuan-tujuan intruksional
(Hall_Quest, 1915). Buku teks adalah buku standar/buku setiap cabang khusus
studi” dan dapat terdiri dari dua tipe yaitu buku pokok/utama dan
suplemen/tambahan. (Lange, 1940). “Buku teks adalah buku yang dirancang buat
penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau
para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran
yang sesuai dan serasi”. (Bacon, 1935). “Buku teks adalah sarana belajar yang
biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang
suatu program pengajaran” dalam pengertian modern dan yang umum dipahami.
(Buckingham, 1958 : 1523).
Dari beberapa definisi tersebut, disimpulkan bahwa
buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan
buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud dan
tujuan-tujuan intruksional, yang diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran
yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan
perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.
Bila melihat perjodohan diatas kurikulum
dengan silabus, silabus dengan saling support dengan RPP. Kaitan
kurikulum dengan buku teks lebih dekat dan akrab bahkan sehati. Pasalnya
bila kurikulum mengalami perubahan, maka buku teks pun harus menyesuaikan
dirinya. Maka dari itu wajar, bila buku-buku mata pelajaran terdahulu kadang
tidak berlaku hari ini, bahkan bila diperbandingkan akan terdapat benyak
perubahan
Peran buku teks sendiri sangat lah mendominasi,
disamping penulis buku teks itu memang harus memahami dasar-dasar kurikulum
yang digunakan juga memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Kita sebagai
guru maupun murid begitu sadar bukan, akan pentingnya buku teks dalam proses
pembelajaran karena dengan adanya buku teks akan mempermudah pemahaman pula
Buku teks harus memiliki kepekaan khusus untuk
mengetahui setiap perubahan yang terjadi di kurikulum. Karena bila hal itu
terabaikan. Maka tujuan kurikulum yang telah termaktub akan sulit terealisasi
dalam proses pembelajaran. Faktanya guru lebih dekat dengan buku teks
dibandingkan dengan kurikulum itu sendiri, karena para guru terlalu yakin bahwa
buku teks yang dianjurkan pemerintah telah mengacu pada kurikulum yang berlaku
dizaman itu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar