Minggu, 27 Januari 2013

RANCANGAN SILABUS DAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SMA KELAS X SEMESTER I



Terkait dengan profesinya, guru adalah individu yang wajib memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Salah satu kemampuan pedagogik yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah perancangan atau perencanaan pembelajaran.


Perencanaan pembelajaran merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum proses pembelajaran berlangsung. Menurut Sudjana dalam Majid (2005:16) perencanaan adalah proses yang sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang. Perencanaan pembelajaran tersebut bermuara pada komponen yang membentuk sistem proses pembelajaran. Komponen sistem proses pembelajaran ini sebagaimana dikemukakan Sanjaya (2008:58) meliputi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Keseluruhan rancangan komponen pembelajaran tersebut dapat dituangkan dalam bentuk  Silabus dan RPP yang dilengkapi dengan Bahan Ajar yang sesuai.  
Terdapat beberapa manfaat perencanaan pembelajaran seperti menjadi petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan, sebagai pola dasar dalam mengatur peranan setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan, dan lain-lain. Menurut Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI (2007:316), dalam perencanaan pembelajaran ini terkandung aspek psikologis, aspek pedagogis, aspek manajerial, dan aspek kontinuitas.
1.   Aspek psikologis: Seorang guru yang terampil membuat perencanaan pembelajaran dan setia membuatnya akan memiliki rasa percaya diri dan keberanian.
2.   Aspek pedagogis: Perencanaan pembelajaran akan mendidik guru untuk disiplin dan berusaha untuk meningkatkan wawasan pengetahuannya.
3.   Aspek manajerial: Dengan perencanaan pembelajaran, apa yang akan dilaksanakan menjadi terarah, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
4.   Aspek kontinuitas: Dengan perencanaan pembelajaran, akan menjamin adanya kesinambungan, baik dalam kelancaran kegiatan belajar mengajar maupun dalam materi pembelajaran.
Dalam menyikapi kebijakan pemerintah tentang pendidikan budaya dan karakter bangsa, guru dituntut untuk tanggap dan menyusun rancangan pembelajaran berbasis karakter untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

I.    Integrasi Nilai-nilai PBKB dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di Sekolah
Sebagaimana dimaklumi, nilai-nilai budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam setiap mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. Oleh karena itu, guru dan sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai ke dalam KTSP, Silabus, dan RPP. Sebagaimana dikemukakan oleh Tim Balitbang Puskur Depdiknas (2010:13), materi pelajaran digunakan sebagai bahan atau media untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Dalam penjelasan yang lain dikemukakan bahwa nilai atau karakter untuk setiap mata pelajaran dinyatakan secara tertulis dalam silabus pada kolom khusus di sebelah materi pelajaran. Namun kenyataan di lapangan terdapat variasi dalam penempatan kolom khusus tersebut, ada yang ditulis persis di samping kolom materi, ada yang ditempatkan di samping indikator, ada pula yang ditempatkan di bagian paling kanan di sebelah kolom sumber/bahan/alat.
Sebagai dasar penentuan nilai-nilai mana yang akan diintegrasikan ke dalam Silabus dan RPP Bahasa Arab, perlu dianalisis terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam bentuk kompetensi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Berdasarkan rumusan kompetensi itu dapat ditentukan materi yang merupakan media untuk pencapaian kompetensi tersebut.
Secara lebih rinci dijelaskan bahwa pencantuman nilai-nilai dalam Silabus dan RPP ditempuh melalui cara-cara sebagai berikut:
1.   Mengkaji SK dan KD pada Standar Isi
2.   Menggunakan Tabel 1 yang memperlihatkan keterkaitan antara SK dan KD dengan nilai dan indikator yang akan dikembangkan
3.   Mencantumkan nilai-nilai budaya dan karakter dalam Tabel 1 itu ke dalam silabus
4.   Mencantumkan nilai-nilai yang sudah tertera dalam silabus ke dalam RPP
5.   Mengembangkan proses pembelajaran peserta didik secara aktif yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan internalisasi nilai dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai, dan
6.   Memberikan bantuan kepada peserta didik, baik yang mengalami kesulitan untuk menginternalisasi nilai maupun untuk menunjukkannya dalam perilaku.

II.   Contoh Silabus dan Bahan Ajar Bahasa Arab SMA
Contoh Silabus SMA Kelas X Semester I Kompetensi Mendengarkan dilampirkan pada bagian lain dari makalah ini.  Nilai yang dicantumkan dalam silabus tersebut diambil dari hasil analisis terhadap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Materi untuk kompetensi mendengarkan sebagaimana tergambar dalam table berikut:

Nilai
Deskripsi
Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya (mengucapkan assalamu’alaikum untuk mengawali pembicaraan).
Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai peraturan dan peraturan.
Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas


III.  Pentingnya Bahan dan Media Audio dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Pengajaran Bahasa Arab tidak terlepas dari kebutuhan akan adanya bahan dan media audio berupa rekaman suara penutur orang Arab. Tidak diragukan lagi bahwa suara penutur orang Arab dapat dijadikan acuan mengenai bagaimana cara melafalkan huruf-huruf dalam kata dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi yang tepat. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat dengan mudah mendapatkan bahan audio berbahasa Arab. Beberapa contoh judul bahan audio atau audio visual berbahasa Arab yang saat ini sudah tersedia adalah film-film seperti Umar Ibn Khattab dan Ar-Risalah, berbagai judul film kartun baik yang Islami maupun umum seperti Conan, Sponngebob, dan Thariq, berbagai buku karangan orang Arab yang dilengkapi dengan rekaman suara seperti Al’Arabiyah Baina Yadaik dan al-‘Arabiyah Linnasyiin.
Kenyataannya, selama ini sulit sekali menemukan bahan audio bahasa Arab yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan alokasi waktu yang tersedia. Masalahnya bukan hanya karena terbatasnya bahan audio berbahasa Arab, namun apakah bahan audio itu bisa selaras dan sinkron dengan tujuan pembelajaran seperti yang tersirat dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, apakah bahan itu bisa sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan dalam kegiatan pembelajaran, serta apakah bahan tersebut cocok dengan karakteristik siswa SMA yang belajar.
Dalam situasi seperti ini, guru bahasa Arab SMA dituntut profesionalismenya untuk menyusun bahan ajar yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa dengan tetap memperhatikan pentingnya bahan audio berbahasa Arab.
Salah satu solusi yang telah dilakukan dan terus dikembangkan oleh MGMP Bahasa Arab SMA Kabupaten Sukabumi adalah menyusun bahan ajar berbentuk LKS/Diktat yang mengacu pada beberapa sumber dan dilengkapi dengan bahan audio dengan memanfaatkan fasilitas internet.

IV. Contoh Bahan Ajar Kelas X Semester 1 SK 1 Kompetensi Mendengarkan
Bahan Ajar yang disiapkan untuk mencapai tujuan yang tersirat dalam kompetensi tersebut terdiri atas wacana tulis dan rekaman berbentuk dialog dan paparan serta gambar kosakata.
a.   Wacana berbentuk dialog yang dilengkapi dengan rekaman suara penutur asli (Sumber: Al-‘Arabiyah Baina Yadaik 1)

مُحَمَّد   : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ.
شَرِيْف : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ.
مُحَمَّد   : مِنْ أَيْنَ أَنْتَ ؟
شَرِيْف : أنا مِنْ بَاكِسْتان.
مُحَمَّد   : هَلْ أنْتَ بَاكِسْتَانِي ؟
شَرِيْف : نَعَمْ، أنا بَاكِسْتَانِي.
          وَمَا جِنْسِيَّتُكَ أنْتَ ؟
مُحَمَّد   : أنَا تُرْكِيّ. أنا مِنْ تُرْكِيَا.
شَرِيْف  : أهْلاً وَسَهْلاً.

مُحَمَّد
شَرِيْف
مَرْيَم   : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ.
زَيْنَب : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ.
مَرْيَم   : مِنْ أَيْنَ أَنْتِ ؟
زَيْنَب : أنا مِنْ مِصْر.
مَرْيَم   : هَلْ أنْتِ مِصْرِيَّة ؟
زَيْنَب : نَعَمْ، أنا مِصْرِيَّة.
          وَمَا جِنْسِيَّتُكَ أنْتَ ؟
مَرْيَم   : أنَا سُوْرِيَّة. أنا مِنْ سُوْرِيَا.
زَيْنَب  : أهْلاً وَسَهْلاً.

مَرْيَم
زَيْنَب
 


























b.  
أَحْمَد نَبِيل صَدِيْقِيْ. هُوَ مِنْ مِصْر. أَحْمَد نَبِيل مِصْرِيُّ الْجِنْسِيَّة. عُمْرُهُ تِسْعَ عَشَرة. هُوَ طَالِب فِي جَامِعَةِ القَاهِرَة. هُوَ يُحِبُّ الْمُرَاسَلَة. أَحْمَد نَبِيل لَهُ زَمِيْلٌ اِسْمُهُ مُحَمَّد سَالِم. هُوَ مِنْ مَالِيْزِيَا. هُوَ مَالِيْزِيُّ الْجِنْسِيَّة. عُمْرُهُ سَبْعَ عَشْرَة. هُوَ تِلْمِيذ المدْرَسَة الثَّانَوِيّة مِثْلِي. هُوَ يُحِبُّ كُرَةَ القَدَم.
مُحَمَّد سَالِم لَهُ أُخْتٌ اسْمُهَا سَلْمَى. عُمْرُهَا عِشْرُوْن. هِيَ طَالِبَةٌ بِجَامِعَةِ مَالِيْزِيَا القَوْمِيَّة. هِيَ تُحِبُّ الرِّحْلَة وَالْمُوْسِيْقَى. أَنَا سَعِيْدٌ بِمَعْرِفَتِهَا وَهِيَ سَعِيْدَة بِمَعْرِفَتِي.

اخْتَر الصَّحِيْحَ بِوَضْعِ دَائِرَة حَوْلَ الْحَرْف المُنَاسِب !
1. أَحْمَد نَبِيل مِنْ                     أ- مِصْر            ب- مَالِيْزِيَا                  ج- إِنْدُونِيسِيَا
2. أَحْمَد نَبِيل طَالِب فِي    أ- جَامِعَة الأَزْهَر  ب-جَامِعَة ماَلِيْزِيَا القَوْمِية   ج- جَامِعَة القَاهِرَة
3.  عُمْر أَحْمَد نَبِيل                  أ- سَبْعَ عَشَر      ب- ثَمَانِي عَشَر             ج- تِسْعَ عَشَر
4. مُحَمَّد سَالِم تِلْمِيذ فِي    أ- المدْرَسَة الثَّانَوِيَة           ب- المَدْرَسَة المُتَوَسِّطَ        ج- المدْرَسَة الابْتِدَائِيَة
5. مُحَمَّد سَالِم             أ- مِصْرِيّ                   ب- مَالِيْزِيّ                 ج- سُوْرِيّ
6. هِوَايَةُ مُحَمَّد سَالِم                 أ- كُرَة القَدَم      ب-المُرَاسَلَة                  ج- الرِّحْلَة
7. سَلْمَى عُمْرُهَا            أ- عَشْرة           ب- عِشْرُون                ج- ثَلاَثُوْن
8. سَلْمَى تُحِبُّ             أ- المرَاسَلَة         ب- الرِّحْلَة                  ج- القِرَاءَة



Wacana berbentuk paparan yang dilengkapi dengan rekaman suara penutur asli (Sumber: LKS Bahasa Arab untuk SMA Kelas X dikutip dari Bahasa Arab untuk SMA-SMK Kelas X, Zakiyah Arifa & Nadia Afidati)



























*ditulis oleh salah seorang dosen Pendidikan Bahasa Arab UPI, dan disampaikan dalam sebuah seminar nasional di serangkaian acara Festival Kampung Arab (FIKAR)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin