Minggu, 29 April 2012

5 langkah awalan menulis



1.   Mendeskripsikan satu  gambar
Gambar disini fungsinya menambah inspirasi menulis, entah itu gambar nyata atau grafis. Dari gambar ini kita belajar mengamati, dan dari hasil pengamatan itu kita bias mendeskripsikan dan menjabarkan, dan jadilah tulisan.
Sekarang kita coba deskripsikan gambar !


     

Tanya seberapa besar anda punya masalah (lihat kaca pembesar) kalau pun besar, itu hanya presepsi kita saja, sebenarnya masalah itu kecil (tanpa kaca pembesar) –bisa dianalogikan kedalam wujud lain- ketakutan itu besar, jika kita membuatnya besar, coba kalau kita tak pernah terpikir rasa takut itu, akan kah ada ketakutan itu?- bias juga yang lainnya- dalam perjalanan hidup, kita tak pernah tau ada apa dihadapan kita, dan apa yang akan terjadi nanti, itu adalah tanda Tanya besar, yang kita tak tau jawabannya. 





Banyak kan?!, vareasi tulisan yang bisa kita buat dari sebuah gambar. Tergantung dimana sudut pandang kita, dan kekritisan kita dalam mengamati gambar. Gambar pun dapat menjadi alat komunikasi – selain tulisan- dengan pembaca. sekilas pembaca akan sedikit tahu tentang gambaran besar tulisan yang kita buat, melalui gambar, Dan tentunya, pembaca tertentu akan sedikit melirik tulisan yang tak bergambar, karena dianggap kurang menarik, dan membosankan.
Ingat, apa tujuan kita menulis. Hanya untuk diri kita saja, atau untuk berbagi kepada orang lain?!.  

2.   Cari suatu permasalahan dan buat solusinya.
Bagaimana kalau kita gak punya masalah? Life’s never flat. Hidup gak ada masalah itu kosong, hampa, jadi tak mungkin, misalnya dalam satu minggu kita gak dapat masalah sedikitpun. Dengan mencari permasalahan, secara tidak langsung membuat kita peka terhadap lingkungan sekitar kita, juga kritis dalam menghadapinya.
Apalagi bagi para aktivis, tentu masalah sudah menjadi makanan sehari-hari yang gak pernah kelewat, mau gimana lagi dalam kenyataannya ketika kita turun ke lingkungan yang cukup beragam karakter orang nya, tentu akan meragam pula permasalahan yang dibuatnya. Berbeda denga, jika kita hanya berada dilingkungan kelas saja, rata-rata mereka punya tujuan untuk belajar, kadang iseng atau maen-maen dan serupanya, dan gak akan jauh dari sekita itu saja, sehingga masalah yang timbul di dalam kelas, hanya akan sekita itu itu saja, misalnya : persaingan individu atau kelompok, masalah dengan guru, belum mengerjakan PR, teman yang pelit memberikan contekan dan lain-lain. Lain hal nya orang-orang yang aktif di luar kelas, mereka akan mendapatkan banyak masalah dan bermacam-macam cara penyelesaiannya karena selain beragam orang yang macam-macam, mereka juga mempunyai latar belakang yang berbeda pula, bahkan tujuan dan pemikiran pun sangat jarang yang sama.
Kita bisa memulai tulisan dari pokok-pokok permasalahan yang ada, lalu pendeskripsian masalah secara detail, kemudian periksa keadaan dan tuliskan keadaan saat itu (proses) setelah itu anda bisa memikirkan cara memecahkan masalahnya dan menemukan solusinya. Tulisan anda pun akan berharga dengan pengamatan dan pemecahan masalah yang anda buat sedemikian rupa
Dalam buku karya Mardiyanto, seorang trainer pada ILNA Learning Center Bogor  yang berjudul “ Who Move My Matches?” dikatakan “memiliki masalah adalah hal yang biasa. Yang luarbiasa itu apabila kita dalam mnyikapinya dengan bijaksana”. Masalah disini dikatakan adalah hal yang biasa, karena ini akan terjadi setiap saat nya, namun cara penyikapan yang berbeda-beda, ada yang lari dari masalah itu, “lempar batu” atau tak mau disalahkan, memperpanjang masalah yang tak pernah habis atau cara yang bijaksana, seperti yang dikatakan diatas. Namun yang yang paling penting yang harus kita tahu adalah, tidak ada suatu persoalan apapun yang menimpa kita, yang tidak bisa kita selesaikan.



3.   Sharing dengan teman
Saling curhat, tukar pikiran dan pendapat bukan sesuatu yang jarang kita temukan disekitar kita, dan kita pun pernah berada di dua peran berbeda yaitu orang yang dicurhati dan yang curhat. Tapi yang akan saya bahas disini bukanlah curhat atau yang sebagainya, tapi Sharing, salah satu cara menyikapi permasalahan dengan melibatkan sudut pandang yang berbeda, nah disini kita akan memperbanyak bahan tulisan yang akan kita tulis, seperti hal nya wartawan, tulisan mereka akan dianggap bagus dengan melampirkan sudut pandang orang lain dalam tulisan mereka, tentu kita pun dalam hal tulis menulis, perlu adanya perbadingan pendapat untuk meyakinkan pembaca, Sharing disini akan memudahkan kita menelusuri akar-akar pembicaraan apalagi dengan beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dan semakin sulit untuk menentukan satu titik temu. Pembicaraan hangat yang dilakukan dua orang atau lebih akan menimbulkan mengakaran masalah, dan ini akan merangsang pemikiran kita untuk lebih berfikir lagi atau bahkan kita akan menemukan suatu hal yang baru kita tahu dengan sudut pandang orang lain yang berbeda itu.
Sekarang coba kita mulai menulis beberapa isu, menurut pandangan kita, kemudian tulis beberapa kemungkinan-kemungkinan pendapat yang muncul, lalu tanya lah beberapa teman mu, baik itu untuk berpendapat, atau mengkritisi pendapatmu. Dan lihat apa yang kau dapat hari itu juga. Dengan mendapat data-data yang ada saat ini, pasti anda akan bersemangat untuk menuliskannya

4.   Mengkritisi pendapat orang lain.
Dalam acara kontes debat, mengkritisi itu WAJIB hukumnya, sebab kalau tidak, nanti akan kalah, maka dalam debat ini kita dipaksa untuk cepat tanggap dalam menyikapi pendapat orang yang berbeda-beda. Mengkririsi pendapat ini, kita mengambil sudup pandang kita sendiri, dan menganggap kita lah yang lebih baik, mentok-mentoknya mikir, rasa penasaran akan muncul dengan alasan “kenapa?” dan “bagaimana?” dan lebih-lebihnya kita akan terangsang untuk mencari buku yang berkenaan yang akan menjawab semua pertanyaan kita.
Adapun dalam kondisi lain, yaitu ketika kita menghadiri seminar, majlis ilmu atau lain sebagainya, seseorang yang menganggap penting ilmu tersebut pasti akan menuliskannya, dan orang yang kritis tidak akan hanya merasa cukup dan puas dengan materi yang diberikan, namun akan ada pertanyaan besar yang akan mengikutinya selama ia tidak mencari jawabannya, makanya dalam acara-acara tersebut akan ada sesi tanya jawab, meski pemateri telah menjawabnya, pastilah otak kita akan semakin berputar, bila mana mendeteksi rambu-rambu keraguan, dan rambu-rambu ini akan menjadi tulisan kita selanjutnya.  Selamat menulis
5.   Menjadi pendengar yang baik
Alasan kita memiliki dua buah daun telinga dan satu mulut adalah, kita diharuskan banyak mendengar dari pada berbicara. Dan menjadi pendengar yang baik, tidak ada ruginya. Malahan kita akan mendapatkan suatu ilmu dengan sempurna!,
Ketika kita berada dalam lingkarang ilmu, kadang kita dituntut untuk berbicara, bertanya, dan juga mendengarkan. Dan menurut saya, pendengarkan ini adalah hal yang paling diutamakan. Kenapa? Karena dengan                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           mendengarkan seseorang dengan baik, munculnya kesalah fahaman akan semakin kecil, adapun contih lain, kita sudah mendengarkan namun kadang kita bingung apa yang pembicara katakan, ada beberapa masalah soal itu, 1. Tidak fokus 2. Mendahulukan aktifitas lain selain mendengarkan 3. Berkomentar dulu, sebelum pembicaraan selesai.

Untuk mengawali menulis, kita harus banyak membaca dan mendengarkan, kedua itu adalah upaya terampuh untuk memperluas wawasan kita. Dan ketika kita bisa menjadi pendengar yang baik, kita akan tergugah untuk menulis.

Menulis bukanlah bakat, atau kemampuan dari beberapa orang, akan tetapi tulisan akan tercipta dari sebuah keinginan dan kesungguhan dari dalam diri kita, tulisan akan dibuat bukan oleh orang yang hanya diam-diam saja, tapi oleh orang-orang yang berani memulainya.


“ Andaikan dihadapkan kepada ku dua orang penulis, maka aku akan memilih yang paling gigih. Tanpa bakat orang akan menjadi penulis yang hebat, sementara tanpa kegigihan, seorang penulis berbakat tidak berarti apa-apa” –Mohammad Fauzil Adhim-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin