Selasa, 03 April 2012

Kemana Aku Harus Pergi?




Mau lari kemana ya??!! Bingung?@#$%
Aku pengen jadi orang sukses aja ah….!!
Kawan ……… semua orang pasti punya mimpi, tapi jangan sampai mimpimu hanya sebatas hayalan. Maka wujudkanlah ! banyak caranya, salah satunya memotivasi diri, mari kit abaca sedikit materi tentang motivasi ini ………..
MOTIVASI

PENGERTIAN
Sesuatu yang timbul dari dalam diri seseorang, yang menggerakan orang tersebut untuk berbuat atau tidak berbuat. Suatu usaha sadar untuk mempengaruhi perilaku seseorang agar mengarahkan pada tercapainya tujuan. Dorongan psikologis agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Lingkaran Motivasi 
Serangkaian motivasi yang menyebabkan seseorang berbuat atau tidak berbuat dengan cara-cara tertentu.
Rangkai motivasi itu pada intinya terdiri dari tiga unsur :
1.    Kebutuhan (Need)
2.    Dorongan (Drive)
3.    Tujuan (Goals)




Hasil dari kegiatan manusia dibedakan berdasarkan :
1.    Kemampuan untuk bekerja
2.    Motivasi
Kekuatan motivasi seseorang akan berkurang atau berubah apabila adanya :
a.     Kepuasan kebutuhan
Pada saat suatu kebutuhan sudah terpuaskan, maka kebutuhan tersebut tidak lagi memotivasi, sehingga motivasi akan menjadi berkurang dang menghilang.
b.     Terhalangnya kepuasaan  kebutuhan
Terhalangnya suatu motivasi dalam pencapaian kepuasan kebutuhan, akan membuat seseorang mencari jalan lain dari usaha pencapaian tujuannya itu.
Pencarian jalan lain tersebut mengakibatkan berkurangnya kekuatan motivasi, dan akan beralih pada motivasi lain.
c.     Perbedaan kognisi
Contoh yang dapat menjelaskan hal ini adalah apabila seseorang telah menganggap dirinya lebih unggul dari rekan-rekannya dalam pemecahan masalah, tapi kemudian secara beruntun ia mengalami kegagalan-kegagalan maka disini terdapat situasi yang tidak selaras dalam dirinya.
Kognisi pertama tentang keunggulan dirinya berbeda dengan kognisi kedua tentang kegagalan-kegagalan yang dijumpainya, sehingga menyebabkan kekautan motivasi dalam pemecahan masalah berkurang.
d.     Frustasi
Adalah suatu kondisi yang melekat pada diri seseorang, disebabkan oleh halangan yang imaginer, bukan halangan yang riil. Frustasi menyebabkan terjadi tindakan agresif, seperti tindakan merusak, maeah, berperilaku kasar, sehingga kekuatan motivasi dapat berubah dan cenderung menurun.
e.     Kekuatan motivasi yang bertambah
Perilaku akan berubah bila kebutuhan-kebutuhan yang menarik, bertambah kekuatan seseorang yang sedang lapar akan membutuhkan makanan, dan kekuatan kebutuhan ini akan semakin, besar bila orang tersebut mencium aroma makanan.  (basis 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin