Jumat, 27 April 2012

Tujuh hamba yang akan dilindungi Allah pada hari kiamat


Hal yang tak pernah kita tahu kapan terjadi, dan bagaimana terjadi, dan jangan sampai kita hanya bisa menunggu sampai itu terjadi (naudzubillah). Tak ada yang tahu, meski orang terpintar dan terserdas pun di dunia, bahkan Nabi pun tak pernah mengetahui kapan kiamat itu terjadi, dan Nabi hanya bisa memperingatkan kepada kita selaku umat terbaiknya agar selalu mengimani hari itu. 

Dalam hadist Bukhari dan Muslim telah diriwayatkan, ada beberapa hamba yang akan dilindungi Allah pada hari kiamat yang hadistnya berbunyi :


Rasulullah bersabda: ”Tujuh hamba yang akan dilindungi Allah pada hari kiamat nanti

1. Pemimpin yang adil
2. Pemuda yang tumbuh dewasa yang hobbynya beribadah pada Allah padahal disaat nafsunya bergejolak
3. Hamba yang hatinya selalu terikat pada masjid, senangnya berjamaah dan beraktivitas ke mesjid
4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul, berjumpa, bersahabat karena Allah dan berpisah karena Allah pula
5. Seorang hamba lelaki yang dirayu oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan kecantikan tetapi ia menolaknya seraya berkata ‘Aku takut kepada Allah"
6. Hamba yang bersedekah sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat oleh tangan kanannya, ikhlas karena Allah
7. Hamba yang berdzikir dan berdoa kepada Allah dalam keheningan malam, dalam kesendiriannya, dalam muhasabah dirinya lalu ia menitikkan airmatanya.”
(Tafsir hadist HR. Bukhari Muslim)

Semoga kita termasuk hamba-hamba yang dilindungiNya, semua tak ada yang mustahil selama kita memiliki ikhtiar, dan selama Allah meridhai langkah kita, tak pernah ada yang sia-sia.

2 komentar:

  1. Wah, tulisan ini... sudah tertulis semenjak 2012. Sedang saya baru menggunakan hadistnya hari ini, berasa Dejavu

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin