Jumat, 27 April 2012

The best LEADER ever !!


Siapa yang ingin jadi pemimpin? Seperti apakah pemimpin yang kita inginkan? Berwibawa, adil, baik hatinya... ingin DIPIMPIN atau MEMIMPIN?! Setiap orang diantara kita itu pemimpin, siapapun kita.
Siapa yang tak kenal SBY?! Megawati, soeharto, soekarno, dan para pemimpin kita terdahulu yang telah memimpin kita, bagaimana cara mereka memimpin bangsanya?! Sekarang kita lihat, pemimpin-pemimpin disekitar kita, apa saja yang mereka lakukan ketika mereka telah diangkat menjadi pemimpin?!
Setiap orang mempunyai khas atau cara memimpin yang berbeda-beda, semua itu tergantung pada apa visi dan misi mereka terhadap sesuatu yang akan mereka pimpin, sikap memimpin itu terlahir dari karakter dasar yang mereka miliki, kebiasaan, pengalaman, interaksi sosial, dan lain sebagainya, semua itu membentuk diri pribadi seorang pemimpin.


Lalu, pemimpin seperti apakah kita? Siapakah pemimpin sesungguhnya yang harus kita teladani?! Masih ingatkah, pemimpin yang selalu tampil di depan saat berperang? Pemimpin yang benar-benar sangat dirindukan kehadirannya, pemimpin yang sangat adil, sangat bijaksana, cerdas mengatur stategi perang, amanah, sungguh kebaikan hati nya yang tak terhitung. Siapa lagi kalau bukan Muhammad saw.  Seorang pemimpin yang patut kita teladani akhlak nya. Ada beberapa hal yang akan penulis paparkan disini, terkait kepemimpinan Rosulullah, ini bersumber dari buku “ISLAMIC LEADERSHIP” Membangun SuperLeadership Melalui Kecerdasan Spiritual karya Prof. Dr. H. Veithzal Rivai, M.B.A dan Ir. H. Arviyan Arifin
1.      Rasulullah sebagai Uswatun Hasanah
ôs)©9 tb%x. öNä3s9 Îû ÉAqßu «!$# îouqóé& ×puZ|¡ym `yJÏj9 tb%x. (#qã_ötƒ ©!$# tPöquø9$#ur tÅzFy$# tx.sŒur ©!$# #ZŽÏVx. ÇËÊÈ  
21. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.
Rasulullah adalah satu-satu pemimpin yang patut kita telasi akhlaknya, tutur katanya, sikap eloknya, hati siapa yang tak iri melihatnya, cahaya yang tak pernah padam walau zaman berganti kelabu.
Hanya keteladanan Rasulullahlah yang patut kita ikuti, yang patut kita idolakan, bukan boy band and girl band yang sering kita lihat di layar televisi. Sudah sepatutnya kita sadar, bahwa budaya kita ini sudah tergerus zaman, haus akan kehadiran akhlak yang mulia, langka rasanya kita melihat remaja yang anti musik, no to kegalauan.
Pernahkan sahabat-sahabat terfikir, bahwa baik buruknya akhlak remaja masa kini, sangat dipengaruhi oleh media?? Percaya atau tidak, sahabat bisa melihat pandangan subjektif yang bisa sahabat lihat disekeliling kita, siapakah yang mereka idola kan saat ini, adalah cerminan karakter yang akan mereka pilih, secara tidak langsung kita akan meniru gaya idola kita. Artinya, berupaya berucap, bertindak, berpenampilan, atau lainnya, sama persis dengan idolanya itu, kita bisa lihat para penggemar boy band dan girl band  saat ini, terdapat kemiripan, walau sedikit.
Boleh kita mengidolakan selain Rasulullah namun, kecintaan kita tak boleh melebihi kecintaan terhadap Rasulullah, bagaimana caranya menumbuhankan rasa cinta terhadap Rasul? Caranya adalah dengan mengkaji hikmah-hikmah berbagai ajaran yang disampaikan oleh beliau dalam rangka memperkuat kesadaran bahwa apa yang diberikannya adalah benar-benar sesuatu yang sangat berharga nilainya bagi kita, kemudian, kita kaji sejarah kehidupannya, dalam rangka mempertegas, meyakinkan diri kita, betapa besar pengobanan beliau untuk menyampaikan ajaran-ajaran yang sungguh mulia tersebut
2.      Pemimpin Penebar Cinta
ôs)s9 öNà2uä!%y` Ñ^qßu ô`ÏiB öNà6Å¡àÿRr& îƒÍtã Ïmøn=tã $tB óOšGÏYtã ëȃ̍ym Nà6øn=tæ šúüÏZÏB÷sßJø9$$Î/ Ô$râäu ÒOŠÏm§ ÇÊËÑÈ  
128. sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, Amat belas kasihan lagi Penyayang terhadap orang-orang mukmin.
Bila Nabi Muhammad saw.  Sangat mengharapkan keimanan dan keselamatan umat, mereka para pemimpin sekarang, tak pernah ambil pusing dengan masalah ini, bahkan keselamatan umat dipertaruhkan demi keselamatan kekuasaan ekonomi dan harga diri mereka sendiri. Rasulullah saw. Memiliki sifat rauufur rahiim terhadap umatnya, kedua sifat ini pada dasarnya adalah sifat Allah swt., namun diberika olehNya bagi manusia yang diutus bagi seluruh umat di dunia. Dan dengan bekal cinta dan kasih sayang itulah, Rasulullah saw. Berjuang dalam dakwah dan memimpin umat.
Teringat sebuah kisah, saat itu ada seorang kafir buta dan miskin dia sangat membenci Rasul, namun ketika itu tanpa dia ketahui, ada pemuda yang setiap hari datang untuk memberinya makan, menyuapinya, kemudian pergi. Setiap hari kafir itu ditemui oleh pemuda itu untuk diberinya makan, namun pada saat tertentu yang memberinya makan itu bukan lagi pemuda yang biasanya datang kepada kafir buta itu, dia sangat menyadari perbedaan itu, dan merasa kehilangan akan tidak kehadiran pemuda tersebut, kafir buta menolak pemberian dari wakil dari si pemuda itu, dia tak mau makan lagi kecuali si pemuda yang menyuapinya. Terpaksa yang mewakili pemuda itu menceritakan semuanya, bahwa yang selama ini memberinya makan itu adalah Muhammad saw. Dan dia adalah sahabat Nabi yang diperintah untuk memberikan nya makan, karena pada saat itu Nabi telah tiada. Mendengar itu semua, kafir buta itu menangis dan mengucapkan syahadat.
Sudah selayaknya kita memiliki seorang pemimpin yang memiliki cinta dan kasih sayang ke pada orang-orang yang dipimpinnya. Jika cinta dan kasih sayang itu tidak dimiliki oleh seorang pemimpin, mau apa jadi nya?! Nenek tua yang merangkak kelaparan pun tak pernah dipedulikan, kepedulian itu bisa kita lihat, sangat jelas ditunjukan kehadapan kita, sangat banyak sekali orang-orang disekitar kita yang dalam perjalanan hidupnya itu tak sebatang besi pun bisa ia peroleh. Sangat ironos sekali, bila kita melihat dipinggiran kota yang sangat mewah, terlihat rumah-rumah yang kumuh dan tak layak huni, bagi mereka mungkin itu sudah menjadi suatu nikmat, tapi jika kita meminta pendapat kepada seorang ‘penggaruk emas’ ini belumlah suatu kehidupan yang sebenarnya yang mereka harapkan.
Tampaknya rasa itu sangat mahal harganya bagi pemimpin kita sekarang, meski menurut kita kasih dan sangat itu bisa sangat mudah kita dapatkan, tapi untuk pemimpin kita saat ini, dua hal itu sungguh menjadi barang yang langka, yang tak pernah mereka temukan atau bahkan mencarinya pun tak pernah terpikirkan.
Rasulullah saw. Adalah orang yang penuh kasih sayang. Tidak ada seorangpun yang datang kepada beliau melainkan akan dijanjikan mendapat kebaikan atau akan langsung ditunaikan hajatnya jika beliau memilikinya. (HR Bukhari)
3.      Kepemimpinan Rasul
Karakteristik kepemimpinan Rasulallah saw. Adalah kejujuran yang teruji dan terbukti. Kejujuran adalah prilaku kunci yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan (kredibilitas) sebagai seorang pemimpin. Di samping itu beliau juga cakap dan cerdas, inovatif, dan berwawasan kedepan, tegas tapi rendah hati, pemberani tapi bersahaja, kuat fisik dan tahan penderitaan.
Rasulullah saw.  Memiliki empat rahasia kepemimpinan, 1. Jujur, 2. Amanah, 3. Menyampaikan, 4. Cerdas.  Keempat sifat dasar rosulullah ini telah melekat pada diri beliau, keempatnya terbentuk dari bekal yang dimilikinya.
Kejujuran beliau menciptakan kepercayaan kepada pada pengikutnya, dengan kejujuran, tak pernah ada rasa ragu dari pengikutnya atas tindak laku apapun yang akan rasul lakukan. Sifat amanah yang melekat pada diri Rasul membuat Rasul sangat dicintai umat, dan disegani musuhnya. Rasul selalu menyampaikan apa yang telah Allah wahyukan, memberikan kabar gembira, dan memberikan peringkatan untuk umatnya, Rasul tak pernah lepas berkomunikasi dengan umatnya, keterbukaan beliau dengan umatnya, memberikan rasa nyaman dan kedekatan tersendiri antara beliau dan umatnya. Selain itu kecerdasan beliau dalam mengatur strategi perang entah itu perkomunikasi dengan sahabat, lawan bicara, bahkan musuhnya. Setiap redaksi kata yang indah, penuh makna dan hikmah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin