Kamis, 09 Januari 2014

Penggunaan Buku Teks dalam Pembelajaran



“Buku teks dapat digunakan dalam proses pembelajaran, pertama guru harus memperkenalkan keberadaan buku teks yang akan dipelajarinya”
Hal ini dimaksud agar murid tidak mengalami kesulitan dalam mencarinya, biasanya guru pula yang mendatangkan sendiri keberadaan buku tersebut, agar murid tidak perlu lagi mencarinya dan buku teks dapat langsung digunakan. Adapun pendapat lain dalam penggunaan buku teks dalam pembelajaran
Mengingat penggunaannnya dalam kegiatan belajar, buku teks pelajaran perlu disusun dengan cara yang dapat memenuhi keperluan belajar tersebut. Menurut Pusat Perbukuan (2005) kriterianya adalah isinya benar dari segi keilmuan, disusun secara sistematis, mengandung informasi yang kaya dan relevan, terdapat kesinambungan, kesaksamaan, keteraturan, serta keseimbangan.
Proses pembelajaran dilakukan oleh minimal dua orang yaitu murid dan guru, penggunaan buku teks untuk guru dan murid berbeda.

Fungsi buku teks bagi guru adalah sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari oleh siswa, mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan metode pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya sebagai alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya 1997:85).
Fungsi buku teks bagi siswa adalah sebagi sarana kepastian tentang apa yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat menemukan petunjuk, teori, maupun konsep danbahan-bahan latihan atau evaluasi (Krisanjaya 1997:86).

Begitupun dalam proses pembelajaran, akan dirasa sulit bila buku teks tidak disesuaikan dengan fungsinya. Misalnya saja murid yang jangankan mendayagunakan untuk bahan review materi atau bahan bacaan mengetahui keberadaannya pun udah syukur. Murid yang seperti ini biasanya tidak terlalu mempedulikan buku teks, buku teks yang telah dibeli hanya sebagai tanda saja bahwa saja saya sedang mempelajari ilmu itu sehingga saya harus ‘memiliki’ buku terks yang berkaitan dengan ilmu tersebut.
Sebaiknya guru dapat memberikan pengaharan sedikit tentang buku teks yang menjadi acuan belajar murid, rambu-rambu dan peran dalam pembelajarannya, sehingga murid akan benar-benar menggunakannya sebagai acuan belajarnya, serta murid tidak merasa buntu apa yang akan dipelajari besok lusa dan seterusnya. Tentu keterangan dari guru tentang bahan/buku teks tersebut akan menambah pencerahan dan motivasi murid untuk menggali buku teks tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin