Rabu, 13 Maret 2013

Kewajiban Berilmu bagi Setiap Muslim (part2)



“Semakin banyak ilmu yang kita telah dapat, maka semakin banyak kita tidak mengetahui terhadap suatu hal” begitulah yang dikatakan seorang dosen Pendidikan Bahasa Arab UPI ketika sedang mengajarkan tentang suatu materi yang bekaitan dengan al-Qur’an dan Hadist. Kewajiban seorang muslim dalam mencari sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan telah dicontohkan oleh cendikiwan Islam yang samapi saat ini masih terkenang namanya, seperti Ibnu Sina, Aljabar dan lainnya.
Dalam Qur’an surat al-Imran ayat 79 dikatakan.


$tB tb%x. @t±u;Ï9 br& çmuŠÏ?÷sムª!$# |=»tGÅ3ø9$# zNõ3ßsø9$#ur no§qç7Y9$#ur §NèO tAqà)tƒ Ĩ$¨Z=Ï9 (#qçRqä. #YŠ$t6Ïã Ík< `ÏB Èbrߊ «!$# `Å3»s9ur (#qçRqä. z`¿ÍhŠÏY»­/u $yJÎ/ óOçFZä. tbqßJÏk=yèè? |=»tGÅ3ø9$# $yJÎ/ur óOçFZä. tbqßâôs? ÇÐÒÈ  
79. tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu Dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani[208], karena kamu selalu mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.
[208] Rabbani ialah orang yang sempurna ilmu dan takwanya kepada Allah s.w.t.
Maka jelaslah ayat di atas memerintahkan kepada kita untuk belajar tentang suatu ilmu dan menagajarkannya kembali agar kamu lebih banyak mengetahui tentang segala sesuatu.
Profesi guru, adalah profesi yang mulia, kerana ia akan terus memberikan semua keilmuannya kepada orang lain dengan mengharap imbalan ataupun tidak sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah berpartisipasi atas terciptanya blog ini. mudah-mudahan blog ini bisa bermanfa'at. Amin